Dampak dari Terjadinya Inflasi

Oleh pleaceid

High inflation can have a negative impact on everyone. (Photo: Pexels)Caption: High inflation can have a bad impact on everyone. (Photo: Pexels)
High inflation can have a negative impact on everyone. (Photo: Pexels)Caption: High inflation can have a bad impact on everyone. (Photo: Pexels)

Setiap negara yang mengalami inflasi tentunya akan memunculkan berbagai dampak yang negatif. Hampir semua aspek masyarakat akan turut merasakan dampaknya dan tentunya bisa membuat beban hidup menjadi bertambah. Di bawah ini terdapat beberapa dampak dari inflasi adalah sebagai berikut:

1. Terhadap Pendapatan

Jika harga dari suatu bahan pangan dan papan akan terus meningkat karena inflasi maka pendapatan riil dari masyarakat akan terus berkurang. Sebagai contoh, sebelumnya harga satu porsi mie ayam hanya sebesar Rp. 8.000. Namun, setelah terjadi inflasi dan pedagang melakukan penyesuaian terhadap harga maka harga satu porsi mie ayam tersebut akan menjadi sebesar Rp. 10.000.

2. Terhadap Nilai Ekspor

Kemampuan suatu negara untuk melakukan ekspor akan berkurang ketika sedang mengalami inflasi. Biaya ekspor akan menjadi lebih mahal dan juga daya saing barang ekspor dan komoditi lain akan mengalami penurunan yang akan mengakibatkan pendapatan devisa bisa menjadi berkurang.

3. Terhadap Minat untuk Menabung dan Berinvestasi

Berkaitan dengan menurunnya pendapatan, inflasi juga akan menurunkan minat seseorang untuk menabung dan melakukan investasi. Bunga dari tabungan yang terlalu kecil mengakibatkan banyak orang lebih baik untuk menyimpannya sendiri atau menggunakan untuk berbagai keperluan konsumtif. Biaya investasi yang terus meningkat juga akan menurunkan minat seseorang untuk melakukan investasi.

4. Terhadap Nilai Properti

Nilai properti akan sangat dipengaruhi oleh inflasi. Jika nilai inflasi terus meningkat, maka Anda akan semakin sulit untuk membeli sebuah properti. Manfaatkan setiap kesempatan yang ada ketika inflasi masih rendah untuk membeli properti idaman Anda.

5. Terdahap Kalkulasi Harga Barang Pokok

Dengan terjadinya inflasi akan mengakibatkan perhitungan penetapan harga barang pokok menjadi lebih sulit. Harga barang pokok yang terus meningkat akan mengakibatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara bisa menjadi melambat bahkan berhenti.

Itulah definisi dan beberapa cara terbaik untuk menghadapi inflasi. Meskipun inflasi tidak dapat diberhentikan tetapi peningkatannya masih bisa diperlambat dan dikurangi. Pastikanlah agar Anda membeli rumah terlebih dahulu ketika nilai inflasi masih rendah agar harga dari properti yang Anda inginkan masih lebih murah dan tidak meningkat.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Pleace.id

Terbaru

Kualitas Guru Harus Diperhatikan demi SDM yang Berkualitas

PLEACE.id – Pemerintah menargetkan bonus demografi sebagai momentum untuk meningkatkan perekonomian nasional sekaligus menaikkan level…

Apa Alasanmu Untuk Tetap bertahan Hidup?

Beberapa alasan untuk saya tetap bertahan dalam kehidupan ini adalah menjaga prasaan seseorang yang amat…

Hindari 10 Jurusan Kuliah Berikut ini

PLEACE.id –  Coba cek lagi latar belakang pendidikan dengan pekerjaan yang Anda geluti saat ini….

Hadirkan 40 Perusahaan dan Institusi Pendidikan, Unpar Career Expo 2022 Terbuka untuk Umum

PLEACE.id – Setelah dua tahun diadakan secara online, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) kembali menghadirkan Unpar…

Mahathir Kalah KO di Pemilu Malaysia hingga Kim Jong Un Pamer Anak?

Mahathir KO dan Parlemen Gantung di Pemilu Malaysia, Apa yang Terjadi? Mahathir Mohamad kalah telak…

Butuh Waktu Setahun untuk Puan Bacakan Surat Presiden Revisi UU ITE

PLEACE.id – DPR akhirnya memproses surat Presiden Joko Widodo tentang revisi Undang-undang Informasi dan Transaksi…