Cara Menghilangkan Garis Merah di Microsoft Word dengan Mudah dan Cepat

Oleh pleaceid

Image : pleace.id
Image : pleace.id

PLEACE.id -Apakah kamu sedang mencari cara untuk menghilangkan garis merah di Microsoft Word dengan mudah? Sekarang nggak perlu bingung lagi detikers, simak tutorial lengkapnya dalam pembahasan berikut ini.
Bagi detikers yang sering mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan kantor di Microsoft Word, kerap kali menemukan garis merah pada setiap kata yang telah diketik. Bagi sebagian orang, hal ini cukup mengganggu saat sedang mengetik karena garis merah ini bisa menyebar hampir ke seluruh kata.

Dilansir Wincope, sebenarnya garis merah ini merupakan salah satu fitur unggulan dari Microsoft Word yakni spell check dan grammar check. Fungsinya adalah untuk mendeteksi adanya kesalahan kata dan penyusunan kata yang tidak sesuai.

Sebagai contoh, kamu sedang menulis sebuah kalimat dan terdapat satu kata yang typo, maka Microsoft Word secara otomatis akan menandakan garis merah pada kata yang typo itu.

Tapi, fitur ini akan berguna jika kamu mengetik dalam bahasa Inggris. Apabila kamu mengetik dalam bahasa Indonesia, Microsoft Word secara otomatis akan mendeteksi kesalahan karena kata-kata yang diketik tidak sesuai dengan bahasa Inggris. Maka wajar saja jika hampir seluruh kata-kata yang diketik terdapat garis merah.

Sayangnya, fitur spell check dan grammar check ini juga tidak sepenuhnya akurat 100 persen. Sebab, ada sejumlah ejaan kata yang tidak terdeteksi oleh Microsoft Word meskipun kamu telah mengetik kata tersebut dengan benar sehingga akan muncul garis merah di bawahnya.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word
Sebenarnya, kamu bisa menghilangkan garis merah di Word dengan memilih salah satu kata yang terdapat garis merah, lalu kamu klik kanan hingga muncul pilihan “Ignore All”. Setelah di klik, kata tersebut sudah tidak ada lagi garis merah di bawahnya. Tapi, cara ini hanya bisa dilakukan untuk satu kata saja. Tentu sangat merepotkan bukan jika harus menghapus seluruh kata?

Daripada harus repot-repot mengklik setiap kata yang terdapat garis merah, kamu bisa menghilangkan seluruh garis merah dengan mudah dan cepat. Caranya bagaimana? Simak tutorialnya di bawah ini yuk sahabat pleace.id

Cara Menghilangkan Garis Merah Pertama
– Buka Microsoft Word terlebih dahulu, pastikan di dalamnya terdapat sejumlah kata yang di bawahnya ada garis merah.
– Selanjutnya klik “File” yang ada di pojok kiri atas.
– Kemudian tarik kursor ke arah bawah sampai menemukan “More…” lalu diklik.
– Nantinya akan muncul tiga pilihan yakni Feedback, Options, dan Zip and Share. Karena kamu ingin menghilangkan garis merah, pilih “Options”.
– Setelah diklik nantinya akan muncul “Word Options” dan setelah itu kamu klik “Proofing”.
– Jika sudah, kamu akan menemukan kolom “When correcting spelling and grammar in Word” di bagian bawah. Nah, di sini ada beberapa opsi yang sudah tercentang, untuk menghapus garis merah     kamu hanya perlu hilangkan centang pada opsi “Check spelling as you type” dan “Mark grammar errors as you type”.
– Jika sudah, klik “OK” di bagian bawah untuk menyimpan pengaturan baru.
– Dan tada! Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kini garis merah yang ada di Microsoft Word sudah hilang. Namun jika suatu saat kamu ingin mengaktifkan fitur tersebut kembali, caranya mudah kok cukup klik centang pada opsi cek grammar dan spelling. Nanti secara otomatis garis merah akan kembali muncul.

Oh ya pleace, jika kamu masih menemukan garis merah di Word terutama pada kata-kata dengan ejaan asing yang tidak terdeteksi, kamu masih bisa menghilangkannya kok. Caranya juga mudah, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Garis Merah Kedua
– Buka Microsoft Word terlebih dahulu, pastikan di dalamnya terdapat sejumlah kata yang di bawahnya ada garis merah.
– Selanjutnya klik “File” yang ada di pojok kiri atas.
– Kemudian tarik kursor ke arah bawah sampai menemukan “More…” lalu diklik.
– Selanjutnya pilih “Options” lalu diklik.
– Setelah diklik nantinya akan muncul “Word Options” dan setelah itu kamu klik “Proofing”.
– Di paling bawah nanti akan muncul opsi “Hide spelling errors in this document only” kemudian klik kolom sebelah kiri hingga muncul centang.
– Jika sudah, klik “OK” di bagian bawah untuk menyimpan pengaturan baru.
– Nah, itu dia pleace cara menghilangkan garis merah di Microsoft Word dengan mudah dan cepat. Jika kamu sudah mengikuti tutorialnya di atas, pasti mudah sekali bukan untuk dilakukan?

Sekarang, kamu nggak akan merasa terganggu lagi dengan adanya garis merah saat tengah mengetik tugas kantor ataupun skripsi di Microsoft Word. Selamat mencoba pleace!

 

 

 

Terbaru

Kualitas Guru Harus Diperhatikan demi SDM yang Berkualitas

PLEACE.id – Pemerintah menargetkan bonus demografi sebagai momentum untuk meningkatkan perekonomian nasional sekaligus menaikkan level…

Apa Alasanmu Untuk Tetap bertahan Hidup?

Beberapa alasan untuk saya tetap bertahan dalam kehidupan ini adalah menjaga prasaan seseorang yang amat…

Hindari 10 Jurusan Kuliah Berikut ini

PLEACE.id –  Coba cek lagi latar belakang pendidikan dengan pekerjaan yang Anda geluti saat ini….

Hadirkan 40 Perusahaan dan Institusi Pendidikan, Unpar Career Expo 2022 Terbuka untuk Umum

PLEACE.id – Setelah dua tahun diadakan secara online, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) kembali menghadirkan Unpar…

Mahathir Kalah KO di Pemilu Malaysia hingga Kim Jong Un Pamer Anak?

Mahathir KO dan Parlemen Gantung di Pemilu Malaysia, Apa yang Terjadi? Mahathir Mohamad kalah telak…

Butuh Waktu Setahun untuk Puan Bacakan Surat Presiden Revisi UU ITE

PLEACE.id – DPR akhirnya memproses surat Presiden Joko Widodo tentang revisi Undang-undang Informasi dan Transaksi…